Sejarah Salah Satu Seni Bela Diri Terpopuler Di Dunia, Karate!

Oleh : ftrrahman | 2022-03-27 19:26:09

Karate, dalam arti Bahasa jepang "tangan kosong". Terbentuk di Kepulauan Okinawa sebagai bentuk pertahanan diri pada saat senjata dilarang oleh pasukan Jepang yang sedang berperang. Ini dimulai sebagai kata “Te” yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia tangan. gaya bertarung yang digunakan oleh penduduk asli Kepulauan Ryukyu dan kemudian dipengaruhi oleh kenp? Cina yang diperkenalkan melalui keluarga Cina yang menetap di Okinawa setelah hubungan perdagangan antara Jepang dan Cina.
Dari tiga kota Okinawa Shuri, Naha, Tomari, masing-masing adalah bela diri berjarak dekat tetapi dengan tuntutan masyarakat yang sangat berbeda, tiga gaya terpisah muncul seperti
“Shuri-te”, “Naha-te”, “Tomari-te”
Secara keseluruhan gaya ini disebut Okinawa-te atau Tode yang artinya gaya tangan Cina, dan seiring berjalannya waktu gaya tersebut sedikit bergabung menjadi hanya dua Gerakan yaitu Sh?rin-ry, dikembangkan di antara Shuri dan Tomari, dan Sh?rei-ry, dekat Naha.
Karena pengaruh negara Jepang yang berkembang, label Te akhirnya diperpanjang menjadi karate-jutsu (seni tangan Cina) dan itu kemudian berubah menjadi karate-do setelah seorang master Okinawa mengubah arti kata (juga diucapkan tode) yang artinya menjadi "kosong" dari kata sebelumnya yaitu "tangan Cina.". Karate-do yang artinya adalah “ tangan kosong."
Sangat sedikit yang diketahui tentang asal mula karate sebelum muncul di Okinawa, akan tetapi satu teori populer menyatakan bahwa karate berasal dari India lebih dari seribu tahun yang lalu, dibawa ke Cina oleh seorang biksu Buddha bernama Bodhidarma atau daruma dalam bahasa Jepang. Seperti yang digambarkan legenda, Bodhidarma tiba di Shaolinsi dan mulai mengajarkan Buddhisme Zen juga, gaya tinju kuil berdasarkan latihan yang dirancang untuk memperkuat pikiran dan tubuh. Keakuratan sejarah legenda ini masih menjadi perdebatan hangat hingga saat ini.
Berikut Ini Adalah Tokoh Penting Dalam Sejarah Karate:
Gichin Funakoshi: Pendiri Shotokan.
Dr Jano Kano: Pendiri judo Jepang.
Sakukawa Kanga: Salah satu orang Okinawa pertama yang belajar di Cina.
Itosu Anko: Sering disebut "kakek karate", membawa karate ke sekolah-sekolah Okinawa dan menyederhanakannya untuk meningkatkan penerimaan publik.
Chojun Miyagi: Dinamakan gaya G?j?-ry.
Hironori Otsuka: Pendiri gaya Wado-ryu.
Kenwa Mabuni: Pendiri gaya Shit?-ry.
Tags : #Karate